Apakah Anda Berani Menjadi Seorang Pengusaha ?


 Apakah anda ingin menjadi seorang pengusaha ?
Jangan takut untuk mencoba !
Jadi pengusaha diisebabkan oleh sesuatu yang ada dalam hidup seseorang, bisa dikarenakan, semakin kritis seseorang tersebut, maka semakin kritis otaknya untuk berpikir, bagaimana untuk menghasilkan uang dengan cara sendiri.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang  Syarat Tumbuh Jamur Tiram
Apakah hal itu terlahir sendiri apa karena dilatih? 
Sebuah penelitian baru dari Babson College menemukan bukti "luar biasa", yaitu bahwa jika mahasiswa Fakultas Bisnis mengambil setidaknya dua mata kuliah kewirausahawan, itu dapat secara positif mempengaruhi mereka untuk memulai sebuah bisnis.
Profesor di perguruan tinggi Wellesley, yang berada di Massachusetts, menganalisis sebuah survei dari 3.755 alumni, dan ia menemukan bahwa dua mata kuliah kewirausahawan (atau lebih baik lagi tiga sesi) sangat mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk membangun sebuah start-up. Selain itu, ia juga melihat bahwa menulis business-plan dapat memberikan pengaruh ke arah itu, meskipun tidak terlalu signifikan.
Menjadi pengusaha tidaklah sulit karena hanya butuh niat dan kemauan untuk mengembangkan ketrampilan yang dimiliki. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kendal mencoba merangsang generasi muda untuk menjadi pengusaha. 
Langkah ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada remaja agar tidak takut menjalani usaha sendiri, sehingga mereka tidak binggung pada saat sekolah / kuliah mereka selesai, mau kemana lagi jadi mereka bisa mengurusi usahanya.

Untuk memperkenalkan dunia usaha sejak dini .
Kepala SMA Negeri 1 Kendal , Sunarto mengaku dengan adanya program HIPMI Goes to School sangat membantu guru maupun siswa terkait ilmu dan mata pelajaran kewira usahaan. “Dengan dorongan HIPMI akan muncul inspirai dan kreatifitas baru bagi siswa dan itu masuk dalam kurikulum tahun 2013,” ujar Sunarto.
Sementara nara sumber yang mengisimerupakan pengusaha sukses di Kendal dan Solo. Tema yang di berikan pada siswa yakni bisnis online dan bisnis kreatif, sebab dua jenis bisnis tersebuit sangat erat dengan mata pelajaran di sekolah.
Ketua HIPMI Kabupaten Kendal , Nanang Husni Mubarok mengatakan tujuan dari program hipmi tersebut untu mencetak calon pengusaha muda di Kendal yang handal dan sukses. “Dengan narasumber yang sudah profesional baik dalam bidang teori maupun praktek akan menumbuhkan inspirasi baru di kalangan pelajar. Apalagi dalam kurikulum 2013 ada mata pelajaran kewira usahaan,” 
HIPMI Kabupaten Kendal mengadakan program Goes to School, dengan tujuan untuk mengajak para pelajar belajar kewirausahaan yang positif. Program ini juga untuk mengenalkan remaja pada bisnis agar tidak sekadar teori yang diterima saat pelajaran saja.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Jenis-Jenis Jamur Tiram

"Kini sudah saatnya membuang pertanyaan skeptis, 'Apa perlu belajar kewiraswastaan?' karena sekarang kita memiliki bukti empiris yang membuat perbedaan cara pandang. Kami rasa, kewiraswastaan yang harus diajarkan tidak hanya untuk produksi dan pelatihan pengusaha, tetapi juga untuk membantu para mahasiswa memutuskan apakah mereka memiliki 'modal' yang tepat untuk menjadi pengusaha, sebelum mereka memulai karir yang mungkin tidak cocok bagi mereka," tulis sang Profesor, dalam penelitiannya yang diberi judul "Does An Entrepreneurship Education Have Lasting Value? A Study of Careers of 3,775 Alumni".

Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada pengaruh apakah si mahasiswa memiliki orang tua seorang pengusaha atau tidak. Juga ditemukan bahwa pria lebih mungkin untuk menjadi pengusaha daripada wanita. Ia juga menemukan sebuah pola, yaitu semakin tinggi pendapatan, semakin kecil kemungkinan para alumni berniat untuk menjadi pengusaha. Di sisi lain juga ditemukan bahwa semakin besar ketidakpuasan mereka terhadap pekerjaan, semakin besar kemungkinan bahwa alumni memiliki niat untuk menjadi pengusaha.
"Pada tingkat yang lebih abstrak, kami percaya bahwa kewiraswastaan harus diajarkan untuk setiap mahasiswa Fakultas Bisnis, karena pada hakikatnya kewiraswastaan adalah asal-usul semua bisnis," tulis sang Profesor. "Tidak akan ada sekolah bisnis, jika tidak pernah ada pengusaha!" lanjutnya.
Sebuah studi pada tahun 2002 di Harvard Business School juga menunjukkan bahwa jika Anda dapat meyakinkan mahasiswa bahwa mereka memiliki modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, mereka akan terjun berwiraswasta.
Profesor Harvard, Howard H. Stevenson, menjelaskan, "Jika Anda menganggap bahwa sebagian besar siswa kami adalah pengambil kesempatan, berorientasi pada prestasi, cerdas, dan pekerja keras (buktinya mereka telah diterima di sini), maka tindakan yang kami lakukan hanyalah memberi mereka 'alat' dan teknik untuk meningkatkan peluang keberhasilan mereka."
Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah anda berani menjadi seorang Pengusaha ?
Jangan Takut Kawan, Jika kita sungguh-sungguh, yakin semuanya bisa !
Di coba dahulu, jangan takut, jangan remehkan skill yang berada dalam diri kita, semua bisa terwujud jika kita yakin dan sungguh-sungguh .

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Resep Mie ayam Jamur





0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...