Persiapan Sebelum Usaha Jamur Tiram

Usaha jamur tiram sekilas sangat menjanjian, tidak jarang membuat orang tergiur dalam usaha ini. Pekerjaan yang bisa dilakukan dengan Part Time maupun menjadi pekerjaan utama. Sebelum jauh terjun kedalam usaha ini ada beberapa hal yang sangat diperhatikan dari lingkungan ( Daerah ) kita, selain modal maupun pengetahuan dibidang jamur tiram ini.
      A.      Bahan
Jamur tiram sangat kaya dengan vitamin, protein, rendah kalori,berserat tinggi membantu pencernaan, antiviral dan antikanker, mudah memasaknya dan mudah dicerna.dan dikenal kelezatan rasanya.  Sehingga membutuhkan bahan bahan ( Media) dan peralatan pendukung dalam proses pembuatan jamur ini.
Dalam proses pembuatan bibit PDA, komposisi media utama adalah :
1. Dextrose
2. Kentang
3. Agar 
Peralatan pendukung
1. Laminar Air Flow ( Lab kecil ), yang terbuat dari kaca dan teriplex
2. Alkohol
3. Kapas
4. Cuter
5. Bunzen
6. Plastik/kertas
7. Karet
8. Sendok/Spatula

Peralatan Dalam Proses Pembuatan Baglog
1. Plastik PP
2. Cincin Baglog
3. Serbuk Gergaji
4. Dedak
5. Kapur
6. Tepung
7. Gyps
8. Karet

Peralatan Dalam Sterilisasi Baglog
1. Boiler/Stimer, Atau Drum bekas
2. Kayu Bakar/Gas/Batubara
3. Termometer
4. Plastik Penutup ( Bila diperlukan)

Bahan ( Peralatan) diatas sangat diperlukan dalam mensuksekan usaha ini, sehingga diperlukan penggalian informasi terkait dimana mendapatkan bahan dan peralatan tersebut. Namun sebagian diatas bisa dimodifikasi atau sekedar opsional termaksud media. Karna pada hakikatnya pada proses budidaya jamur tiram ini adalah pemanfaatan limbah ( Serbuk gergaji, Dedak, Jagung, Ampas tebu) disekitar kita. Jadi pilihlah limbah yang mudah didapatkan. Setelah semua informasi dimana kita bisa dapatkan baru dipikrkan pemasaranya.

  B. Pemasaran
Jangan lupa dimana kita tinggal??  Apa bedanya desa atau kota? Jelas berbeda.. tapi kita tidak membahas soal desa atau kota, yang kita bahas adalah pemasaranya, nanti kalo sudah paham pemsaranya  maka akan tau sendiri apa hubunganya desa dengan kota dalam hal usaha ini.
“ Setiap  kumpulan beberapa manusia adalah tempat bertukarnya informasi” .  Setiap orang merupakan peluang untuk kita sampaikan sebuah informasi.
Kebanyakan pemula dalam usaha ini, bingung dalam pemasaranya,walaupun mereka berada didaerah yang strategis ( Kota). Pengalaman kami Daerah Medan dalam pemasaran  budidaya jamur tiram ini sangat lah tidak rumit, asal ada kemauan Anda dapat memasarkan ke :
1.       Pasar
2.       Tukang Goreng
3.       Tetangga/ Kenalan
4.       Rumah Makan/Restouran
5.       Hotel
6.       Rumah Sakit
7.       Swalayan
8.       Tukang sayur keliling
9.       Dll

Namun bagaimana jika lokasinya jauh dari pemasaran  diatas, kususnya berada didaerah desa ??
Jangan kawatir, jalinlah mitra ( Agen) anda yang berada dikota, maka kesulitan anda juga akan teratasi.
Jika sudah menjalin kerja sama dengan mitra dikota tentu, tidak sulit bagi anda melalukan usaha ini, setiap  usaha membutuhkan kerja keras dan cerdas, dan do`a , tanpa terkecuali dikota.

Jika persiapan ini sudah kita dapatkan, maka jangan ragu untuk melangkah!!!!








4 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...