Pemanfaatan Limbah Media Jamur Tiram

Limbah budidaya jamur tiram memang dapat merepotkan. Tidak jauh berbeda dengan memindah limbah dari pemotongan kayu ke lingkungan anda, malah ditambah dengan limbah plastik.

Limbah jamur tiram berupa media tanam baglog yang telah tidak produktif sebenarnya… dapat anda manfaatkan. Serbuk gergaji yang telah lapuk ini dimanfaatkan sebagai media cacing lumbricus, pupuk organik tanaman atau budidaya lele.

Media Cacing Tanah

Cacing sangat suka hidup di media yang berasal dari media organik. Serbuk gergaji yang telah lunak memiliki pH netral dan kelembapan cukup untuk pertumbuhan cacing.

Anda dapat sekaligus budidaya cacing atau untuk membuat pupuk organik dari kotoran cacing (cascing). Pakan cacing tanah pun berasal dari bahan organik seperti sayuran yang tidak terpakai. Cara memberi makan cacing sangat mudah, gali sedikit media cacing lalu masukkan sayur-sayuran dan tutup kembali.

Pupuk Organik Tanaman

Media serbuk gergaji dapat anda campur dengan pupuk kandang ternak atau ayam petelur. Pengomposan akan lebih bagus dan cepat apabila dibantu oleh mikroorganisme starter seperti EM4.

Selain itu limbah jamur tiram ini dapat anda campur dengan tanah kebun atau arang sekam menjadi media tanam yang berdrainasi baik dan cukup memiliki kelembapan.

Pemanfaatan pupuk organik ini dapat anda pakai untuk tanaman sayur dan buah dalam pot atau pemupukan tanaman di pekarangan. Pekarangan akan selain akan lebih indah juga dapat menghasilkan.

Budidaya lele

Budidaya lele identik dengan kolam keruh dan berlumpur. nah, media tanam ini dapat dimanfaatkan sebagai starter bersama pupuk kandang untuk mengundang plankton sebagai pakan alami ikan.

Ketika ingin membuat kolam, pupuk kandang dan serbuk gergaji ditabur ke dalam kolam kering. setelah pengomposan terjadi, kolam diisi air dan dibiarkan hingga 1 minggu agar plankton tubuh dan berkembang. setelah itu bibit lele dapat ditebar pada kolam yang telah ditambahkan limbah jamur tiram itu. (agrojamurtirambogor.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...