MODAL RP 1,2 JUTA, UNTUNG RP 6 JUTA/BULAN

Bagi kalian yang ingin memulai usaha, coba dengan usaha satu ini, mungkin kalian berpikir usaha apa ini ? modal 1,2 jt untungnya bisa sampai 6 jt / bulan.
ini merupakan usaha di bidang makanan, 
jika di daerah-daerah pedalaman, mungkin makanan ini masih asing di dengar ia dalah Jamur Tiram yang di kenal sebagai bahan baku olahan aneka masakan lezat. 

Banyak makanan yang bisa diolah seperti martabak, burger, bakso, soto, saus, lumpia, krispi hingga ongseng-ongseng, dll. 
Namun dari banyaknya menu makanan yang di sajikan,   
tahukah Anda, 
bahan baku masakan olahan dari Jamur Tiram tersebut bibitnya dipasok dari Kota Batu?

Desa Pendem Kecamatan Junrejo, merupakan penghasil utama bibit Jamur Tiram di Kota Batu yang banyak dipasok ke beberapa daerah lain di Jatim bahkan Bali. 
Bahkan, 
pembibitan Jamur Tiram sudah menjadi pilihan utama mata pencarian warga setempat. 
Mereka tidak saja membudidayakan, tetapi juga mengolah dan membuat bibit Jamur Tiram guna untuk
dipasok ke beberapa daerah.

Pembibit Jamur Tiram yang dilakukan oleh Pak Bambang Israwan, ST, hampir semua tetangganya di RW 03 desa tersebut membentuk home industry pembuatan bibit unggul Jamur Tiram.
“Bibit Jamur Tiram dari Pendem ini mampu memberikan daun dan batang jamur lebih besar dan merekah serta lebih lunak dengan masa panen 7 hingga 8 kali dalam setahun. Bibit jamur kami buat dalam bentuk logmedia atau baglog dalam kantong-kantong plastik berbentuk botol,”imbuh alumni Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang tahun 1993 itu. 

Bambang bersama rekannya Agus Mulyadi memulai usaha dan merintis pembibitan Jamur Tiram di Pendem pada bulan September 2007, usai mendapatkan pelatihan singkat tentang pertanian Jamur Tiram selama dua pekan oleh PT Sampoerna di Pandaan. ‘’Dengan modal awal Rp 1,2 juta, kami berdua tahun 2007 mulai membuka usaha pembibitan Jamur Tiram. Hanya sebulan saja sejak awal mulai usaha, modal kembali,”tukas Bambang.

Berharga jual Rp 2.500 per logmedia atau kantong plastik, dalam sebulan mereka mampu menjual 7.000 hingga 9.000 bibit jamur tiram ke pasaran di dalam dan luar Malang. Per bibit Jamur Tiram dalam sekali panen bisa memberikan hasil 8,5 ons jamur dengan masa panen maksimal delapan kali dalam setahun untuk satu kantong bibit. Atau lebih banyak dibandingkan bibit dari daerah lainnya yang rata-rata hanya 5 kali. ‘’Kami menerima banyak pesanan dari luar kota. Dari usaha ini, kami bisa mendapat keuntungan bersih Rp 6 juta hingga Rp 7 juta. Lumayanlah,’’ tutupnya. 




3 komentar:

  1. Wow Keren. Bisnis yang menggiurkan. Ane jadi kepengin nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe , beljar mas pasti bisa ko , keep to spirit !

      Hapus
    2. kalo budidaya jamur di surabaya bisa gak,mas?

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...