Beternak Uang Dengan Burung Puyuh

Pernah mencoba Ternak Burung Puyuh sahabat carasendiri.com ?
JIka belum carasendiri.com ada tips-tipsnya sedikit, 
semoga bermanfaat ia untuk sahabat carasendiri.com
Banyak Tahap demi Tahap untuk beternak Burung Puyuh,
Pertama-tama carasendiri.com akan membahas dari awal sejarah burung puyuh hingga akhir analisis data silahkan baca perlahan sahabat carasendiri.com


Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Beternak Uang dengan Lele

- Sejarah Burung Puyuh 

Apakah sahabat carasendiri.com tau Burung Puyuh ?
 Burung Puyuh adalah burung yang jenisnya tidak dapat terbang,
Mengapa burung puyuh tidak bisa terbang ?
Dikarenakan bentuk/ukuran tubuh burung puyuh relatif kecil, berkaki pendek.
Burung puyuh disebut juga Gemak (Bhs. Jawa-Indonesia). Bahasa asingnya disebut “Quail”, merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakan di Amerika Serikat, tahun 1870. Dan terus dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dikenal, dan diternak semenjak akhir tahun 1979. Kini mulai bermunculan di kandang-kandang ternak puyuh yang ada di Indonesia

- Tahap Beternak Burung Puyuh

Sahabat carasendiri.com hal yang perlu di ingat dalam tahap beternak puyuh, ada dua tahapan cara yang harus di ingat jika ingin beternak burung puyuh petelur,
Salah satunya adalah dengan sistem kandang litter dan yang kedua beternak puyuh dengan kandang baterai. 
Sahabat carasendiri.com dalam dua tahapan ini, cara beternak puyuh ada yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
Pembuatan kandang litter burung puyuh lebih bagus jika dibanding dengan kandang baterai, 
Namun sahabat carasendiri.com dalam segi perawatan dan panen telur puyuh jauh lebih mudah bila kita membudidayakan burung puyuh petelur di kandang baterai. 
Pada kandang litter telur puyuh sering sekali tertimbun dalam tumpukan litter, sehingga sahabat carasendiri.com sering melihat telur terinjak oleh puyuh atau peternak yang hendak memanen telur.
Kandang litter; kandang yang didalamnya terdapat litter.
Litter adalah alas lantai sebuah kandang yang terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang mampu menyerap air dan bersifat cukup lembut. 
Kandang litter juga terbagi dua : 
Pertama Kandang litter panggung: Biasa digunakan pada peternakan ayam broiler (ras), kandang litter panggung ini sewaktu-waktu bisa diubah menjadi kandang baterai, caranya cukup dengan mengangkat (membuang litter).
Beberapa bahan yang dapat dijarikan litter; serbuk gergaji (serbuk kayu) sekam padi, dan jerami.
Kekurangan budidaya ternak puyuh di kandang litter salah satunya adalah puyuh mudah terkena gangguan pernapasan jika litter terlalau lama atau tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jika litter sudah memadat maka kadar amoniak di kandang puyuh pasti akan meningkat.
Kelebihan menggunakan litter terletak pada kesehatan ternak puyu terutama kesehatan kaki sebab litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai kandang baterai yang umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat. 
Kedua Kandang litter melantai, kandang ini selamanya hanya bisa dibuat menjadi kandang litter karena litter akan ditebar di lantai dasar kandang. Biaya kandang litter melantai ini jauh lebih murah dibandingkan kandang litter panggung.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Bisnis Lewat Twitter

- Lokasi Beternak Burung Puyuh

Hal penting yang harus di ingat oleh sahabat carasendiri.com adalah lokasi ?
Lokais itu sangat penting, karena lokasi mempengaruhi proses berlangsungnya kehidupan burung puyuh,
Hal pertama adalah.lokasi ternak puyuh jauh lebih bagus jika jauh dari tempat pemukiman dan usahakan tempatnya cukup tenang agar burung puyuh tidak mudah stress.
Hal Kedua adalah lokasi ternak sebaiknya strategis yang bisa memudahkan Anda dalam proses transportasi dan penjualan.
Hal Ketiga adalah lokasi ternak jauh dari kebanjiran, dan sirkulasi udara yang cukup bagus agar burung puyuh mendapat udara yang bagus.

- Kandang Burung Puyuh

Sahabat carasendiri.com jangan lupa juga dengan hal temperatur kandang puyuh yang ideal memiliki suhu berkisar 20-25°C dengan tingkat kelembaban berkisar 30-80%
Di waktu siang hari, sahabat carasendiri.com dapat memberikan penerangan dengan memakai lampu 25-40 watt
Di waktu malam hari sebaiknya sahabat carasendiri.com  memberikan penerangan lebih tinggi dengan memakai lampu 40-60 watt
Sahabat carasendiri.com  lebih baiknya lokasi kandang puyuh diatur sebaik mungkin hingga cahaya matahari bisa masuk ke kandang puyuh
Pada umumnya model dari kandang puyuh terbagi menjadi 2 macam yaitu sistem sangkar ( batere ) dan sistem litter ( lantai sekam ).
Dalam segi hal kandang sahabat carasendiri.com harus mengetahui ukuran kandang yang ideal 1 m² kira-kira bisa menampung anak puyuh 90 – 100 ekor,  jika usia puyuh sudah mencapai 10 hari sebaiknya jumlah anak puyuh dikurangi hingga menjadi 60 ekor sampai berakhir masa anakan.
Kandang berukuran 1 m² untuk menampung 40 ekor puyuh sampai masuk masa bertelur

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Risoles Coklat Muncrat Tips

Hal wajib yang musti di ingat oleh sahabat carasendiri.com dalam ternak puyuh,
sahabat carasendiri.com harus mengetahui kandang dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya

Kandang sebagai Induk Pembibitan
sahabat carasendiri.com dalam jenis kandang ini sangat mempengaruhi hasil produktifitas dan kualitas dari telur puyuh. Seseuaikan ukuran kandang yang Anda buat dengan jumlah indukan puyuh yang dipelihara. Kandang puyuh yang ideal untuk digunakan pembibitan yaitu 1 ekor puyuh dewasa dengan luasan kandang 200 m²

Kandang Untuk Indukan Petelur
Kandang ini memiliki ukuran yang sama dengan jenis kandang untuk induk pembibitan, namun pada jenis kandang ini Anda bisa sedikit menambah kepadatan puyuh dalam satu kandang.
Kandang Untuk Anak Puyuh
Kandang yang satu ini digunakan untuk memelihara anak puyuh berumur 1 hari – 2 atau 3 minggu sahabat carasendiri.com. Jenis kandang ini dianjurkan memakai pemanas ruangan untuk menjaga kehangatan anak puyuh. Ukuran kandang untuk anak puyuh idealnya PxLxT 100x100x40 cm dengan ketinggian kaki kandang  50 cm, ukuran kandang tersebut dapat menampung sekitar 90 – 100 anak puyuh.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Berani Mencoba Usaha Ayam Potong ?

Kandang Untuk Puyuh  3 – 6 minggu
Untuk Kandang yang satu ini Ukuran, bentuk dan kapasitas puyuh dalam kandang sama dengan jenis kandang untuk indukan petelur. Pada umunya jenis kandang ini memiliki alas berupa kawat ram.
Selain mempersiapkan kandang untuk ternak puyuh, Anda juga harus mempersiapkan peralatan pendukung ternak seperti tempat makan dan minum puyuh, tempat bertelur hingga tempat obat-obatan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.
ilustrasi – lukisan puyuh

- Persiapan Bibit Burung Puyuh

Sahabat carasendiri.com di dalam ternak puyuh,
ada tiga jenis bibit berdasarkan tujuan pemeliharaannya, antara lain sebagai berikut ;

Bibit puyuh untuk telur konsumsi,
Jika Anda ingin ternak puyuh untuk keperluan produksi telur konsumsi, maka yang perlu Anda persiapkan yaitu memilih jenis ketam betina yang tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya

Bibit puyuh untuk produksi daging
Apabila ternak bertujuan untuk produksi daging, sebaiknya dipilih bibit puyuh jantan dan jenis puyuh petelur afkiran

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Beternak Tikus Putih

Bibit puyuh untuk penghasil telur tetas
Pilihlah jenis bibit puyuh betina yang memiliki produktifitas telur yang baik dan untuk puyuh pejantan dipilih yang sehat dan sudsh siap untuk dikawinkan

- Perawatan Burung Puyuh

Sahabat carasendiri.com haru tetap menjaga Kebersihan Kandang, karena apa ?
Karena kebersihan kandang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup burung puyuh, jika kandang tidak bersih kemungkinan burung puyuh akan rentan terkena penyakit, jadi selalu jaga kebersihan kandang t ia sahabat carasendiri.com  untuk mencegah timbulnya penyakit dan sebaiknya lakukan vaksinasi pada periode waktu tertentu.

- Penyakit Burung Puyuh

Dalam segi penyakit sahabat carasendiri.com haru melakukan secara rutin pengontrolan pada burung puyuh dalam hitungan mingguan maupun dalam bulanan dan jika ada salah satu puyuh yeng terindikasi kurang sehat segera dipisahkan dari puyuh-puyuh yang lain untuk mencegah penyakit menular. Segera lakukan pengobatan pada puyuh yang sakit sesuai dengan anjuran dinas peternakan atau penyuluh setempat.

Jenis-jenis penyakit burung puyuh yang harus diketahui oleh ahabat carasendiri.com 

-Radang usus (Quail enteritis)
Penyebab: bakteri anerobik yang membentuk spora dan menyerang usus, sehingga timbul pearadangan pada usus.
Gejala: puyuh tampak lesu, mata tertutup, bulu kelihatan kusam, kotoran berair dan mengandung asam urat.
Pengendalian: memperbaiki tata laksana pemeliharaan, serta memisashkan burung puyuh yang sehat dari yang telah terinfeksi.

-Tetelo (NCD/New Casstle Diseae)
Gejala: puyuh sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu, mata ngantuk, sayap terkulasi, kadang berdarah, tinja encer kehijauan yang
spesifik adanya gejala “tortikolis”yaitu kepala memutar-mutar tidak menentu dan lumpuh.
Pengendalian:menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan yang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, ayam yang mati segera dibakar/dibuang; pisahkan ayam yang sakit, mencegah tamu masuk areal peternakan tanpa baju yang mensucihamakan/ steril serta melakukan vaksinasi NCD. Sampai sekarang belum ada obatnya.

-Berak putih (Pullorum)
Penyebab: Kuman Salmonella pullorum dan merupakan penyakit menular.
Gejala: kotoran berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulu-bulu mengerut dan sayap lemah menggantung.
Pengendalian:menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan yang tercemar virus, binatang vektor penyakit tetelo, ayam yang mati segera dibakar/dibuang; pisahkan ayam yang sakit, mencegah tamu masuk areal peternakan tanpa baju yang mensucihamakan/ steril serta melakukan vaksinasi NCD. Sampai sekarang belum ada obatnya.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Tips Sukses Usaha

-Berak darah (Coccidiosis)
Gejala: tinja berdarah dan mencret, nafsu makan kurang, sayap terkulasi, bulu kusam menggigil kedinginan.
Pengendalian: menjaga kebersihan lingkungaan, menjaga litter tetap kering; dengan Tetra Chloine Capsule diberikan melalui mulut; Noxal, Trisula Zuco tablet dilarutkan dalam air minum atau sulfaqui moxaline, amprolium, cxaldayocox

-Cacar Unggas (Fowl Pox)
Penyebab: Poxvirus, menyerang bangsa unggas dari semua umur dan jenis kelamin.
Gejala: imbulnya keropeng-keropeng pada kulit yang tidak berbulu, seperti pial, kaki, mulut dan farink yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah.
Pengendalian: vaksin dipteria dan mengisolasi kandang atau puyuh yang terinfksi.

-Quail Bronchitis
Penyebab: Quail bronchitis virus (adenovirus) yang bersifat sangat menular.
Gejala: puyuh kelihatan lesu, bulu kusam, gemetar, sulit bernafas, batuk dan bersi, mata dan hidung kadang-kadang mengeluarkan lendir serta kadangkala kepala dan leher agak terpuntir.
Pengendalian: pemberian pakan yang bergizi dengan sanitasi yang memadai.

-Aspergillosis
Penyebab: cendawan Aspergillus fumigatus.
Gejala: Puyuh mengalami gangguan pernafasan, mata terbentuk lapisan putih menyerupai keju, mengantuk, nafsu makan berkurang.
Pengendalian: memperbaiki sanitasi kandang dan lingkungan sekitarnya.

-Cacingan
Penyebab: sanitasi yang buruk.
Gejala: puyuh tampak kurus, lesu dan lemah.
Pengendalian: menjaga kebersihan kandang dan pemberian pakan yang terjaga kebersihannya.

   
- Pakan Puyuh

Pakansahabat carasendiri.com harus sangat wajin banget memeperhatikan pakan, karena apa harus memperhatikan pakan ?

Karena pakan adalah 70% kelangsungan hidup burung puyuh berada pada makanannya, ada beberapa jenis pakan untuk burung puyuh diantaranya, bentuk pelet, bentuk remah-remah serta bentuk tepung, tapi yang paling diminati para peternak adalah bentuk pelet dan tepung.

Untuk pakan anak puyuh sebaiknya sahabat carasendiri.com  memberikan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

Berbeda dengan pemberian pakan burung puyuh remaja dan dewasa, sebaiknya sahabat carasendiri.com memberikan hanya satu kali sehari pada waktu pagi hari saja pakannya, lebih hematkan pemberiannya dibanding dengan yang masih kecil.

Pemberian minum anak puyuh bisa dilakukan sepanjang hari, jadi sahabat carasendiri.com harus terus mengontrol karena dalam keadaan kandang yang suhunya cukup panas, maka pemberian minum harus terkontrol, bila tidak ?
Burung puyuh akan rentan mati, karena kepanasan dan kekurangan air minum.

- Pemberian Vaksinasi & Obat
Sahabat carasendiri.com jangan lupa pada usia 4 – 7 hari burung puyuh divaksinasi dengan jumlah dosis setengah dari jumlah dosis untuk ayam. Vaksin dapat diberikan melalui tetes mata ( intra okuler ) atau bisa menggunakan air minum ( peroral ).


Jika sahabat carasendiri.com tertarik untuk memulai usaha beternak uang dengan burung puyuh, carasendiri.com ada analisanya 

- Analisis Usaha Beternak Burung Puyuh

Awal Investasi yang sahabat carasendiri.com keluarkan untuk awal memulai usaha beternak burung puyuh

Analisa pertama adalah analisa pembuatan kandang 
Ukuran kandang yang akan dibuat ukuran 1m x 1m x 1,8m tersusun sekitar 4/5 tingkat dengan kapasitas 1 tingkat 50 burung puyuh .
Perkiraan dana yang dikeluarkan oleh sahabat carasendiri.com adalah sekitar 600 - 850 rb tergantung harga perlengkapan kandang di daerah anda.

Harga Burung Puyuh Sekitar Rp. 10.000, tergantung wilayah anda masing-masing

Perkiraan dana untuk Obat (Vitamin + Vaksin) Rp. 100.000

Pakan (selama 60 hari) Rp. 8000/Kg 


Coba kita menghitung beternak burung puyuh 250 burung 

Harga Burung Puyuh Rp. 10.000/Ekor x 250/Ekor = Rp. 2.500.000

Perkiraan resiko mati 10%, jadi sisa 225 Ekor

Obat (vitamin dan Vaksinasi) Rp. 100.000,-

Pakan selama 60 hari Rp. 8000/Kg x 50 Kg = Rp. 400.000

Telur dari 225 ekor Burung Puyuh perkiraan sehari 50 telur x 30 hari = 1500 Telur/Bulan
Harga Telur Rp. 40.000/Kg atau Rp. 500/Telur (Indeks Pasar Februari 2015) 
Total Pendapatan Perbulan dari telur 1500 telur perkiraan :
Rp. 500 x 1500/Telur = Rp. 750.000/Bulan 

Jadi keuntungan anda perbulan adalah Rp. 750.000,

jadi jika anda tertarik harus telaten ia mengurus burung puyuh jangan sampai kandang puyuh kotor, dan menyebabkan penyakit datang .

Sekian referensi dari carasendiri.com 
semoga bermanfaat ia  

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Usaha Modal Kecil Menguntungkan




2 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...