Beternak Uang dengan Ikan Guppy

 Sahabat carasendiri.com kali ini akan membahasa tentang Ikan guppy atau biasa disebut juga Poecilia reticulata. 
Ikan guppy adalah ikan yang mudah untuk sahabat carasendiri.com kembang biakan.
Ikan guppy banyak sahabat carasendiri.com temui di danau-danau dan sungai yang berair tenang. Ikan guppy bisa juga bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi.

Ikan guppy berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan.
Masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan akuarium.
Ikan guppy banyak diminat karena ikan hias satu ini mempunyai keindahan warna dan bentuk siripnya.
Terutama ikan yang berkelamin jantan, karena hanya yang jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan ikan betina warnanya cenderung kusam.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Beternak Uang dengan Ikan Cupang

Jika sahabat carasendiri.com  ingin membudidaya ikan guppy ?
Modal yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.
Cukup dengan perlengkapan sederhana,
sahabat carasendiri.com bisa membudidaya ikan guppy.

Langkah-langkah yang harus sahabat carasendiri.com lakukan :.
Pertama sahabat carasendiri.com harus menyiapkan wadah untuk budidaya ikan guppy.
1. Peralatan
Berikut adalah peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya ikan guppy, antara lain :
1.                   wadah / tempat, 
2.                   Aerator 
3.                   Tanaman air ( Eceng gondok, teratai, azolla)
Wadah untuk akuarium pemijahan ikan guppy bisa, seperti akuarium, bak semen, atau ember plastik.

2.Tempat
Tempat untuk membudidaya ikan guppy bisa menggunakan akuarium, bak semen, atau ember plastik.
Wadah atau tempat yang diperlukan untuk budidaya ikan guppy setidaknya ada empat wadah ,
1.                  Pertama tempat pemisahan indukan (2 wadah),
2.                  Kedua tempat pemijahan (1 wadah),
3.                  Ketiga tempat penetasan (1 wadah),
4.                  Keempat tempat pendederan / pemeliharaan Larva (1 wadah).
Luas dan ukuran wadah budidaya ikan guppy bisa disesuaikan dengan keingginan sahabat carasendiri.com tergantung banyaknya ikan yang akan dipijahkan.
jika ketinggian wadah minimal 50 cm,
Jadi diperkirakan lebar dan panjangnya sesuai sahabat carasendiri.com.

3.Harus tepat Memilih Kualitas Indukan
Perbedaan jantan dan betina sahabat carasendiri.com bisa diamati dari penampakan fisiknya.
Ikan guppy betina bentuknya lebih membulat dengan warna yang cenderung kusam dan tidak memiliki sirip yang menjumbai.
Sedangkan ikan jantan memiliki warna yang kontras dan terang, tubuhnya lebih langsing dengan sirip menjumbai.
Ukuran tubuh ikan betina lebih besar daripada jantan.
Indukan yang siap untuk dipijahkan minimal berumur 4 bulan.
Warna dan bentuk ikan guppy sangat ditentukan oleh faktor genetis.
Untuk mendapatkan hasil yang bagus pilihl indukan yang unggul. Selain itu, pembudidaya bisa juga mencoba-coba menyilangkan induk guppy untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik.

4. Pemisahan Indukan
Sebelum pemijahan/pembenihan, pejantan dan betina dipisahkan terlebih dahulu. pejantan dan betina ikan guppy ditempatkan dalam wadah yang terpisah. Wadah diisi dengan air dan diganti setiap 1-3 hari. Pergantian air tidak perlu semua, hanya menghabiskan sepertiga dari air dan tambahkan air baru.

Berbeda dengan proses Perkawinan pada umumnya, pemisahan dilakukan sambil di beri makan yang bermutu tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan banyak sperma untuk pembuahan. Berikan makanan seperti daphnia atau moina sebanyak 2 X sehari. Hal ini memungkinkan percepatan bila proses pemijahan berlansung.

5. Proses Pemijahan ikan guppy

Sebelum sahabat carasendiri.com melakukan pemijahan ikan guppy.
sahabat carasendiri.com  harus menyiapkan wadah terlebih dahulu, wadah pemijahan diisi dengan air bersih yang telah diendapkan minimal 1 hari. Air hingga kedalaman 30 cm pemijahan. 

sahabat carasendiri.com pemijahan padat penebaran wadah tidak lebih dari 30 individu / 100 liter air. Untuk ukuran akuarium lebar 1 x 0,5 meter, cukup untuk menampung 10 pejantan dan 20 betina ikan guppy. 

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Beternak Uang dengan Ikan Bawal

Jika memungkinkan menyediakan tanaman air seperti hydrilla untuk tempat ikan bercumbu. pemijahan ikan dapat dilakukan satu-satu atau dalam jumlah besar. Pemijahan dianjurkan karena lebih cepat, lebih ekonomis dan praktis. Komposisi pemijahan antara pejantan dan ikan betina biasanya 1: 5. Tapi jika Anda ragu semua perempuan dibuahi, komposisi dapat diubah 1: 2. Masukkan induk betina pertama di pagi hari. 

Kemudian sahabat carasendiri.com pada sore hari bisa menempatkan induk jantan.
Pada pemijahan, tidak semua ikan bertelur pada hari yang sama. Biasanya proses pemijahan dibiarkan berlanjut selama 4-7 hari. Perempuan segera dipisahkan dibuahi ke dalam wadah penetasan.

6. Penetasan Benih

sahabat carasendiri.com  pada tahap penetasan ikan guppy.
wadah diisi dengan air bersih bersih dan diberi aerasi. Pemberian aerasi tidak terlalu kuat agar tidak mengganggu larva ikan. Kualitas air harus dijaga dengan mengganti air dengan air yang baru ketiga setiap 1-3 hari. Feeding untuk membendung setiap 2 hari dalam bentuk daphnia atau moina.

Embrio tumbuh dalam perut sampai siap untuk dilahirkan. Panjang kehamilan, mulai dari pemijahan sampai kelahiran berlangsung 3-4 minggu.

Ciri-ciri ikan guppy hamil dapat dilihat setelah 2 minggu proses pemijahan. Tanda daerah gelap di bagian bawah anus terdapat tanda bercak kelahiran dan perut sedikit meningkat. Jika tidak ada karakteristik hamil, mengambil indukan untuk pembibitan kembali.
Ikan guppy betina mempunyai kemampuan menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehingga si betina bisa hamil hingga 1-3 kali dalam satu kali pembuahan. Waktu yang diperlukan dari kehamilan pertama ke kehamilan berikutnya sekitar 1-5 minggu.
Dalam satu kelahiran, ikan guppy bisa menghasilkan 30-100 anakan. Anak ikan tersebut harus segera dipindahkan ke tempat pendederan. Bila tidak, bisa-bisa menjadi santapan induk yang kelaparan.

7. Pendederan Benih

Kolam harus ditempatkan di ruang terbuka. Sinar matahari diperlukan untuk membentuk warna yang cemerlang pada ikan guppy. Biasanya mereka menggunakan akuarium berukuran 1 x 1 x 0,5 meter atau 2 x 2 x 0,5 meter sebagai wadah pembibitan.

Tambahkan tanaman air seperti hydrilla atau eceng gondok untuk berlindung. Berikan aerasi di akuarium. Isi akuarium dengan air sampai 40 cm. Air perlu diperbarui setiap 3 hari sekali.

8. Pemberian Makanan 

untuk ikan yang baru menetas tidak perlu di berikan makan tambahan terlebih dahulu karena masih terdat sisa makan yang masih menempel di perunya selama kurang lebuh 3-5 hari. Setelah itu, benih dapat diberikan makanan tambahan berupa Artemia ikan (udang-organisme) atau kutu air (Daphnia dan moina) yang telah disaring. Setelah lebih dari 20 hari, dapat di beri kuning telur rebus dan cacing sutra.

9. Ikan Siap Di Piara Dalam Akuarium 

Ikan yang sudah berumur 20 hari dapat dibedakan antara pejantan dan betina. Hanya ikan jantan yang dijual sebagai ikan hias. Sedangkan ikan betina yang digunakan sebagai idukan dan istirahat di kadang-kadang. Ikan Guppy bisa dikatakan matang dan mampu bersaing dengan kawanan setelah usia satu bulan.

Keberhasilan budidaya ikan guppy ditentukan oleh jumlah kelahiran ikan jantan. Karena hanya ikan jantan menarik sebagai ikan hias akuarium. Pria memiliki sirip yang lebar dan warna yang menarik. 

10. Penjualan Ikan 

sahabat carasendiri.com pada tahap penjualan Ikan
sahabat carasendiri.com  dapat di pasarkan di pasar ikan hias atau melalui media online dan lain-lain untuk mendapat penghasilan dari budidaya ikan hias Ikan Guppy.


11. Analisis Dana

sahabat carasendiri.com jika kalian ingin mencoba usaha budidaya ikan guppy,
ini rinciannya ,
jadi jika kalian ingin beternak ikan guppy,
jika ingin rapih anda harus mengeluarkan dana yang cukup lumayan besar,
seperti anda membeli aquraium, batu hias dan tanaman hias ,
kira-kira harga aquarium tergantung daerah anda masing-masing,
jika di lokasi saya harga aquarium ukuran 60x30x30 cm sekitar 100 rb ..
dan tanaman hias sekitar 20 rb dan batu hias 10 rb
Jadi total biaya yang dikeluarkan sekitar 130 rb, dan ditambah biaya makan sekitar 10 rb ,
dan bibit membeli guppy anda beli saja 50 rb.

dan jika kalian hanya modal pas-pas'an anda bisa memakai ember yang tidak terpakai,
dan tanaman hias anda bisa memakai eceng gondok, teratai, dan melati air.

Baca Juga Sahabat carasendiri.com Tentang Resep Kentucky Jamur Tiram







2 komentar:

  1. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus
  2. Judulnya menggelitik dan jadi pengen banget baca
    Beternak uang dengan ikan guppy makasih dan sukses selalu buat penulis

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...